EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Tips Berenang Untuk Anak
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Zenwid Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 38
Joined: Feb 2011
Reputation: 3
  

 
Post: #1
Heart Tips Berenang Untuk Anak

Tips Berenang Untuk Anak - Berenang adalah suatu olahraga yang memberikan kebugaran pada kesehatan badan dan jasmani serta meningkatkan stamina, melatih otot-otot tubuh, dan melatih jantung dan paru-paru agar memberikan sirkulasi oksigen keseluruh tubuh.

Beberapa Tips Berenang Untuk Anak :

1. Manfaatkan pelampung
Usahakan untuk memasang pelampung pada lengan anak, selain sebagai langkah pengamanan agar anak tidak tenggelam, pelampung juga dapat memberikan semacam kepercayaan diri yang lebih pada anak untuk lebih berani menggerakkan tangan dan kakinya di dalam air sebagai sebuah langkah awal. Pelampung lengan berkualitas baik dapat diperoleh dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau di berbagai toko mainan besar di kota Anda.

2. Menuntun di dalam air
Setelah anak Anda mulai berani menggerakkan tangan dan kakinya di dalam air, langkah berikutnya adalah mulai mencoba menuntunnya agar bisa melaju. Caranya: peganglah anak Anda dengan satu tangan pada perutnya, buatlah agar posisi badannya horizontal di permukaan air, kemudian mintalah ia untuk menggerakkan kakinya agar ia merasakan tubuhnya mulai melaju di dalam air. Tangan Anda yang menahan tubuhnya agar tetap horizontal hanya berfungsi sebagai 'penuntun' agar ia lebih mudah merasakan bahwa gerakan kakinyalah yang membuatnya melaju.

3. Buatlah anak Anda merasa nyaman
Langkah penting lainnya yang perlu juga Anda perhatikan adalah kemampuan Anda untuk menanamkan perasaan nyaman pada anak selama ia berada di dalam air. Tunjukkan dan berikan semangat kepadanya bahwa berenang atau bermain di dalam air adalah permainan baru yang sangat menyenangkan.

4. Kejar teman atau ayah dan ibu
Apabila anak Anda mulai merasa semakin nyaman bermain dan menggerakkan tangan serta kakinya di dalam air, Anda bisa mendorong keberaniannya untuk melaju di dalam air tanpa bantuan. Caranya: lepaskan anak Anda dan berdirilah menjauh darinya kurang lebih satu meter, mintalah anak Anda untuk mengejar Anda, secara refleks dia akan menggerakkan tangan dan kakinya agar bisa melaju di dalam air untuk sampai ke pelukan Anda. Lakukan terus cara ini dalam tiap kesempatan berenang dengannya, dan secara perlahan perpanjang juga jarak berdiri Anda dengan anak Anda agar kemampuannya semakin berkembang.

Meskipun berenang merupakan olahraga atau permainan yang menyenangkan bagi anak, tentunya sebagai orang tua Atau pemandu Renang ada beberapa hal penting yang perlu juga anda perhatikan dengan cermat selama anda berada bersamanya di dalam kolam renang:

• Tak perlu terburu-buru, lakukanlah 4 langkah diatas secara bertahap, yang paling penting adalah tujuan anda untuk memperkenalkan anak pada olahraga renang bisa tercapai.

• Jangan berdiri terlalu jauh dari anak, pastikan agar anak dapat selalu melihat anda berada didekatnya, sehingga ia merasa lebih aman dan lebih berani bermain di dalam air.

• Pastikan juga bahwa pelampung di lengannya terpasang dengan baik pada posisi ideal, karena gerakan tangannya di dalam air kadang dapat membuat posisi pelampung terlampau naik atau terlampau turun.

• Berenang pada anak balita lebih merupakan sebuah permainan daripada sebuah olahraga, oleh karena itu jangan malu untuk membawa juga bola karet/plastik, rubber duck, ataupun mainan lainnya yang bisa dipakai air agar ia lebih tertarik untuk bermain didalam air.


02-23-2011 01:33 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

quora Offline
Sobat Baru

Posts: 28
Joined: Feb 2011
Reputation: 1
  

 
Post: #2
RE: Tips Berenang Untuk Anak
Belajar berenang memang seperti Training Android bahwa itu penting sekali. Dimana kita bisa banyak mendapat tambahan pengetahuan [url=http://linovtech.com/open-source/linux]Training Linux


07-03-2012 12:32 AM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

maci_evol Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 145
Joined: Apr 2012
Reputation: 4
  

 
Post: #3
RE: Tips Berenang Untuk Anak
siptt dchh ,, senengg kayakknya klo punyaemo-cinta anakk jago berenangg ,,


07-03-2012 04:29 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

blog Offline
Sahabat EOC
*

Posts: 64
Joined: Jul 2012
Reputation: 8
  

 
Post: #4
RE: Tips Berenang Untuk Anak
mengajari anak berenang sejak dini emang bagus banget, bisa merangsang perkembangan saraf motorik anak.. hore


09-18-2012 02:44 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Sandi_Pradipta Offline
Sobat Baru

Posts: 30
Joined: Jan 2013
Reputation: 7
  

 
Post: #5
RE: Tips Berenang Untuk Anak
NIce posT gan !! hore


01-21-2013 02:43 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply