EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 2 Votes - 1.5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
PHOTOBOOTH DAN FOTO POLAROID SAMA AJA KAN...?
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Photobooth_Jakarta Offline
Sobat Baru

Posts: 26
Joined: Aug 2017
Reputation: 0

 
Post: #1
PHOTOBOOTH DAN FOTO POLAROID SAMA AJA KAN...?

Masih di seputar photobooth. Kali ini saya akan bicara tentang pendapat orang tentang photobooth. Banyak dari teman-teman yang masih belum tahu tentang apa itu photobooth, apa fungsinya, kenapa harus photobooth, dan lain sebagainya. Saya pernah menjelaskan sekilas tentang "photobooth itu apa sih...?" Buat yang belum baca bisa langsung dicek aja link nya ya...
Diantara banyak pertanyaan yang datang ke saya, saya akan menjelaskan beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Yang pertama, pertanyaannya begini,
"Photobooth sama aja kan sama tukang foto keliling yang fotonya bisa langsung jadi itu... ?"

Mendengar pertanyaan ini saya sedikit gelagapan untuk memberi pengertian kepada yang bertanya saat itu, sebenarnya photobooth itu apa sih...? dan perbedaan photobooth dengan tukang foto keliling yang menggunakan kamera polaroid.

Kalau dijelaskan dari arti katanya photobooth berasal dari dua kata Photo dan Booth. Photo/Foto itu sendiri, merupakan sebuah gambar diam bisa hitam putih ataupun berwarna yang dihasilkan dari kamera. Sedangkan Booth itu adalah mini stage beserta dekorasi dan aksesorisnya yang biasanya digunakan untuk ajang promo produk, jasas maupun branding perusahaan pada sebuah event pameran /exhibition. Dekorasi dan settingan booth dari bentuk dan modelnya disesuaikan dengan identitas perusahaan.

Nah dari dua pengertian kata itu sudah bisa didapat kesimpulannya bukan...? singkatnya, photobooth itu foto yang dilakukan sebuah mini stage, oleh seorang fotografer pada suatu event dengan fasilitas foto yang bisa dicetak instan/cepat. Durasi cetaknya bisa dihitung dalam hitungan detik. Nah, oleh sebab itu, photobooth dikelompokan dalam penyedia jasa vendor untuk event, bisa resepsi pernikahan, bisa event-event perusahaan, sekolah maupun event-event uang diadakan oleh universitas. Yang sering didapati, photobooth digunakan sebagai bentuk fasilitas dari penyelenggara event untuk memberi souvenir/cinderamata untuk tamu dan undangan yang datang pada event tersebut. Untuk event-event yang diadakan di kota besar seperti Jakarta, photobooth sudah tidak asing lagi dan sudah menjadi bagian dari event yang diselenggarakan.

Sekarang kita membahas tentang foto polaroid. Dari namanya saja sudah jelas foto polaroid merupakan foto yang dihasilkan oleh kamera polaroid. Untuk saat ini kamera polaroid sudah sangat jarang digunakan. Apa penyebabnya...? Karena saat ini film polaroid sudah sangat sulit ditemukan.

Jadi, dari penjelasan photobooth dan foto polaroid sudah tau kan perbedaannya. Memang sama-sama cetak foto instant. Tapi kegunaan dan sistem kerjanya berbeda. Kalau photobooth itu untuk event, dan cetak fotonya pun menggunakan mesin cetak foto dengan kecepatan tinggi. Sedangkan polaroid sering digunakan untuk cetak foto instant momen-momen pribadi, yang tidak ada sangkut pautnya dengan event.

So, jadi jangan heran ya kenapa photobooth sering hadir di event-event. Yang masih kepo seputar photobooth bisa follow blog Kece Photobooth yang paling kece ini... !

hehehehehehe


08-05-2017 01:48 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply