EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 5 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
delvis66 Offline
The Mind Master
*

Posts: 8,123
Joined: Feb 2011
Reputation: 1400
  

 
Post: #1
Thumbs Up MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
di tulis oleh m.irfan untuk situs ufonesia


Masyarakat Minangkabau pasti tahu persis mengenai misteri mahluk ini. Mahluk yang sering disebut Orang Pendek ini selalu dikaitkan sebagai jelmaan sosok Dewa, namun Dewa yang ini berbeda dengan pengertian Dewa-dewa yang berada di Agama Budha dan Hindu.

Sosok ini sering menjadi perdebatan dikalangan Cryptozoologyst. Cryptozoology sendiri merupakan penyelidikan atau penelitian terhadap makhluk hidup yang belum dikenal sains. Beberapa diantaranya merupakan makhluk-makhluk yang telah menjadi legenda disuatu wilayah, ataupun “monster” misterius yang kerap dilaporkan terlihat oleh manusia yang eksistensinya masih menjadi tanda tanya besar. Istilah Cryptozoolgy pertama kali dipopulerkan oleh Bernard Heuvelmans pada akhir 1950an. Istilah ini merupakan gabungan dari 3 kata Yunani yaitu Kryptos yang berarti tersembunyi, Zoon yang berarti hewan dan Logos yang berarti Ucapan. Orang bunian sendiri masuk dalam 10 mahluk paling dicari oleh para pakar Cryptozoology versi Cryptozoology.com


Banyak dari mereka meyakini keberadaan Orang Pendek hidup dipedalaman Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat. Kemunculan Orang Pendek sering dilaporkan oleh warga sekitar yang melihat sesosok mahluk pendek yang membawa tongkat runcing. Konon tongkat runcing tersebut dipercaya untuk digunakan oleh Orang Pendek pada saat mencari makan atau berburu. Banyak dari kalangan peneliti meyakini Orang Pendek sebagai sosok manusia purba dari spesies Homo Floresiensis (Manusia Flores) yang biasa dijuluki sebagai Hobbit, mahluk yang mempunyai tubuh dan otak kecil.

Baru-baru ini penemuan kerangka Hobbit dalam ukuran Manusia moderen hanya mencapai 100cm saja. Terlepas dari penemuan-penemuan dan perdebatan-perdebatan antar peneliti membuat lokasi Liang Bua (tempat penemuan fosil spesies H.Floresiensis) ditutup oleh pemerintah Indonesia lantaran perdebatan antara Indonesia dan Australia semakin meruncing, yang sama sekali membuat saya tidak tertarik lebih baik mendengarkan keluguan cerita rakyat minangkabau tentang orang bunian ini.


Awal saya membuat tulisan ini, ada beberapa teman yang menceritakan pada saya mengenai Orang Pendek ini. Konon orang bunian senang bermain-main dipematang sawah pada saat hujan dan angin besar. Lantas teman saya mengambil kesimpulan bahwa Crop Cirle yang terjadi di Sleman bulan lalu itu adalah kerjaan orang-orang Pendek ini, sekalipun sebenarnya saya menolak spekulasi dari teman saya tapi dengan senang hati saya mendengarkan spekulasi beliau sampai habis.

Masih “katanya” teman saya, Orang Pendek sering merebah-rebahkan batang padi dengan tangannya, entah dengan alasan apa yang jelas “konon” di Minangkabau sendiri sering terjadi rebahan padi sekalipun tidak seheboh di Sleman. Namun masayarakat sekitar setelah melihat rebahan padi di desa nya selalu mendapatkan jejak tapak kaki dan tangan yang lebih dari 10 pasang (kurang lebih) dan mereka beranggapan, ini ulah orang bunian.

Sosok Orang Pendek sendiri dikabarkan mempunyai ciri yang kontras dengan manusia sekarang, terlihat pada kakinya yang terbalik. Jadi masyarakat sekitar bila ingin

mengejar/menangkap orang bunian jangan lah mengikuti arah kemana jejak kakinya melaikan arah berawanan dengan jejak kakinya. Contoh bila arah jejak kaki ke barat maka kejarlah kearah timur dengan itu anda akan menemukan jejak kaki-jejak kaki berikutnya.

Orang Pendek juga pernah menampakan diri kepada dua orang tim dari Forest Jungle, Dave Archer dan Sahar Didmus. Mereka mengaku melihat sosok kecil yang mengendap-ngendap disemak belukar sampai pada akhirnya sosok tersebut keluar dari semak belukar dan menatap Dave dan Sahar yang sedang melakukan penelusuran hutan (buka jalan). Dave dan Sahar pun menyadari bahwa mereka sedang berada dalam bahaya, dengan tongkat khas orang Bunian mereka mengejar Dave dan Sahar yang keduanya pun tanpa terkomando lari tunggang-langgang.

Sebelumnya pernah ada beberapa kesaksian penduduk setempat yang mengaku pernah melihat makhluk tersebut. Bahkan bukti berupa jejak kakinya berhasil diambil.

[URL=http://igambar.com/v/5ugu6][Image: 5ugu6][indent][SIZE=1]Upload via iGambar.com[ URL=http://igambar.com/v/5uiwi][Image: 5uiwi][indent][SIZE=1]Upload via iGambar.com[ URL=http://igambar.com/v/5ujxo][Image: 5ujxo][indent][SIZE=1]Upload via [URL=http://igambar.com]iGambar.com

Pada tahun 1990 tim ahli dari Organisasi Flora dan Fauna Internasional mengadakan penelitian serius tentang sosok ini mereka sengaja datang untuk melakukan penelitian yang diberi nama “Proyek Orang Pendek”. Penelitian mereka dilakukan secara berkala dan sistematik serta melakukan ekspedisi penelusuran hutan-hutan di Sumatra, sayangnya penelitian ini bisa dikatakan gagal karena tidak menemukan objek yang didapat hanya ratusan kertas hasil pengumpulan data informasi dari penduduk sekitar.

Dari hasil pengumpulan data tersebut, para peneliti bukan menemukan jawaban melainkan menemukan kembali sebuah pertanyaan..

Apakah mereka merupakan sisa-sisa dari genus Australopithecus?
------------------------------
namun ada yang aneh dengan artikel ini. dan sayapun mengajukan keluhan saya di artikel tersebut seperti yang tertera dibawah ini..

delvis66 says:
February 16, 2011 at 10:20 pm

maaf, setahu saya sebagai orang minang asli 100%. orang bunian dan orang pendek itu sangat jauh berbeda. kami sebagai masyarakat minang tak pernah menyebut orang pendek dengan sebutan orang bunian tapi dengan istilah “cindaku” dengan telapak kakinya yang terbalik. sedangkan orang bunian itu lebih menjurus kepada makhluk halus dalam hutan belantara yang kami kenal dengan istilah “sibunian”. sedangkan bagi masyarakat sekitar gunung kerinci menyebut orang pendek dengan istilah “orang kecik”. jadi tolong di koreksi lagi artikel ini dengan informasi dan data yang lebih informatif dan lebih kompeten demi mengungkap sebuah kebenaran. thank before, artikel yang menarik..

salam kenal
delvis66

Reply

Admin says:
February 20, 2011 at 1:23 am


Terimakasih ”delvis66” atas informasi nya, memang saya sedikit kesulitan mencari perbedaan diantara keduanya tapi denga koreksi dari anda saya mengerti sekang. Sekali lagi terimakasih dan saya sudah mengubah sedikit dari artikel ini..

Salam..

namun bagaimanapun juga orang pendek dari kerinci masih diliputi misteri hingga detik ini...........


03-28-2011 11:54 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Sherlock_Holmes Offline
The Mystery
*

Posts: 5,428
Joined: Mar 2011
Reputation: 1470
  

 
Post: #2
RE: MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
bangsa hobbit ad di flores y ?? mikir


03-28-2011 11:27 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

delvis66 Offline
The Mind Master
*

Posts: 8,123
Joined: Feb 2011
Reputation: 1400
  

 
Post: #3
RE: MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
bangsa hobit sampe sekarang masih dalam penelitian. dan ane masih mengunggu update beritanya.. plis


05-15-2011 10:54 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

dedesander Offline
Military & Beauty
*

Posts: 8,320
Joined: Feb 2011
Reputation: 2017
  

 
Post: #4
RE: MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
kaya tayangan di TV, jejak jejak misterius... mikirmikir


05-15-2011 10:56 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

delvis66 Offline
The Mind Master
*

Posts: 8,123
Joined: Feb 2011
Reputation: 1400
  

 
Post: #5
RE: MISTERI ORANG PENDEK DARI PEDALAMAN KERINCI
(05-15-2011 10:56 AM)dedesander Wrote:  kaya tayangan di TV, jejak jejak misterius... mikirmikir

bener bro, pernah tayang di TV, cuma gak ketemu... hehe
kalau orang kerinci rata2 pernah ketemu sama makhluk tersebut...


05-15-2011 12:55 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Misteri Buku yang Bahannya Terbuat Dari Kulit Manusia..!! Aura.rahma 4 2,813 07-19-2018 10:20 PM
Last Post: azril69
  Bloody Mary Misteri Hantu dari Dalam Cermin Gogol_HT 7 10,037 06-03-2013 10:00 PM
Last Post: 1815EmiryWard
  KUMPULAN CERITA PENDEK MENGERIKAN PART 2 walangsangit 7 3,832 05-02-2013 11:16 AM
Last Post: adihartono
Information MISTERI ILLAHI : Mesjid Yang Selamat Dari Tsunami Aceh 2004 embanun 6 6,445 05-16-2011 11:41 AM
Last Post: jilbabcantik