EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 7 Votes - 2.43 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Kebodohan Yang Nyata Indonesia Mengimport Garam, Padahal Sangatlah Mudah Membuat Gara
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
sebarisinformasi Offline
Sobat Baru

Posts: 37
Joined: May 2017
Reputation: 2
  

 
Post: #1
Kebodohan Yang Nyata Indonesia Mengimport Garam, Padahal Sangatlah Mudah Membuat Gara

[Image: Kebodohan%2BYang%2BNyata%2BIndonesia%2BM...ormasi.png]

Di Eropa, garam justru dipanen dari bebukitan karena dulunya bukit tersebut pernah menjadi dasar lautan. Asia sebagai daratan baru tidak memiliki tempat seperti itu akan tetapi kita bisa mengambil pelajaran dengan membuat garam dari proses pengeringan air laut.

Yang membuat kita takut ketika mendengar harga garam adalah karena kita "tidak tahu" sebenarnya membuat garam itu sangatlah mudah. Dari kata mudah itulah sehingga harga Rp. 1.200/kg itu terasa sangat mahal, padahal sekilo itu tidak habis untuk keperluan rumahan selama 3 bulan.

Jadi, harga garam menjadi masalah kalau kita berbisnis garam atau menekuni bisnis yang memerlukan bahan baku garam yang banyak. Kalau sekedar untuk dipakai seharian ya tinggal ambil air laut satu atau dua galon dengan sepeda motor lalu letakkan di sebuak nampan atau baki terbuka dan biarkan airnya menguap sendiri. Dalam 4 atau lia hari tinggal panen saja garamnya.

Kalau kurang sabar, bisa juga dimasukkan dikuali dan masak sampai airnya habis, maka yang tertinggal adalah garam. Hati-hati jangan sampai gosong ya?

Kalau anak-anak muda mau kreatif, bisa memesan air laut dengan truk tangki lalu keringkan saja di halaman rumah atau dimasak jika ada bahan bakar murah. Bapak ibu guru seharusnya mengajarkan anak-anak kita membuat garam agar mereka kreatif dan melihat air laut itu bukan sekedar derasnya ombak tetapi sebagai garam berbentuk cair yang setiap saat bisa di jadikan sebagai pendapatan sampingan.

Saya tidak menganjurkan semua orang untuk melakukan hal ini, karena nantinya para petani garam bisa kehilangan kesempatan kerja.

TETAPI JIKA SUDAH SAMPAI MENGIMPOR GARAM DARI LUAR BAGI SAYA ADALAH KEBODOHAN YANG NYATA.(si*)
Sumber : http://sebarisinformasi.blogspot.com/201...garam.html


08-01-2017 01:26 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Exclamation GARAM IMPOR liem7585 20 5,628 08-13-2011 07:21 PM
Last Post: black_roses