EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Thread Closed 
 
Thread Rating:
  • 2 Votes - 4 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Jerman mengembangkan Robot pengganti TKW
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,344
Joined: Oct 2010
Reputation: 4899
  

 
Post: #1
Jerman mengembangkan Robot pengganti TKW
[Image: ARMAR-IIIa-05.jpg]

Para peneliti dari Karlsruher Institut für Technologie (KIT) Jerman melanjutkan penelitiannya untuk membuat sebuah robot humanoid yang disebut ARMAR III. Robot ini didesain sesuai dengan dimensi rata-rata orang, dengan 14 sensor taktil per tangan dan dilengkapi dengan posisi, kecepatan, dan sensor gaya. Seperti versi sebelumnya, robot ini bergerak dengan platform mobile. Versi sebelumnya Robot Humanoid ini memiliki 2 kamera di matanya untuk jarak dekat dan jauh. Kepalanya memiliki total 7 derajat kebebasan untuk leher dan mata, 6 mikrofon, dan sensor inersia 6D.

Selain mengembangkan komponen mekatronika untuk robot, para peneliti juga ingin robotnya mampu berinteraksi secara alami dengan orang. Mereka berfokus pada pembelajaran interaktif melalui observasi, instruksi lisan, dan sikap yang memerlukan interaksi multimodal seperti pengenalan suara, dialog pengolahan, dan persepsi visual dari instruktur manusia. Oleh karena itu robot ini dapat mengenali kata-kata baru, benda, dan orang-orang. Selain itu juga robot ini dapat mengenali bagaimana seseorang bergerak dan memanipulasi objek dengan melacak dan menganalisis poin-poin penting pada tubuh manusia seperti posisi sendi seperti orang melakukan tugasnya.
Karena belum adanya perangkat lunak pada saat itu maka tim peneliti membuat perangkat lunak simulasi dengan nama OpenGrasp yang memungkinkan mereka untuk mensimulasikan kinematika dari tangan robot, obyek, sifat-sifat material, gaya dan momen, serta hambatan di dekat obyek. simulasi kemudian dapat mencoba untuk menentukan pegangan paling stabil. memperhatikan di mana jari-jari robot akan memegang objek.

Banyak hal yang dapat dipelajari seperti : ukuran dan berat, rasa, tekstur, suhu, dan apakah itu keras atau lembut. ARMAR-III dapat menggunakan semua sensor untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan objek dalam proses yang disebut proprioseptif. Kameranya dapat mendeteksi fitur, bentuk, dan warna, sedangkan sensor taktilnya dapat mengukur obyek, kekakuan atau kelembutan. Mikrofon dapat mendengarkan suara sebuah objek. dan kedepannya bisa mencium bau, dan rasa.

Dikutip dari Plasticpals ARMAR-III mampu mengambil kotak sereal dari lokasi yang tidak diketahui, dan mengambil cangkir warna di laboratorium. Selain itu robot ini juga dapat mengerjakan tugas-tugas yang lebih kompleks seperti memuat dan membongkar mesin cuci piring, membawa peralatan daput dan lain sebagainya. Mungkin robot ini lebih cocok disebut robot pembantu rumah tangga di masa depan.

source: http://didno76.blogspot.com/2010/11/robo...angga.html


01-25-2011 05:05 PM
Find all posts by this user

Thread Closed 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Robot Evolta, Robot Panasonic Pemecah Guinness Book OF Record Gogol_HT 3 3,067 04-10-2013 03:59 PM
Last Post: setiadi65
Lightbulb Funktionide, Robot Lembut Pengganti 'Pacar' di Masa Depan black_roses 10 3,782 10-10-2011 08:08 AM
Last Post: black_roses
  Robot-Robot Buatan Jepang yang Luar Biasa ivanweweh 14 4,967 08-02-2011 11:14 AM
Last Post: freakers
  Aimec, Robot Pengganti Anak di Rumah Gogol_HT 2 1,476 06-06-2011 10:36 AM
Last Post: freakers