EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |


Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 4 Votes - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Cara mengatasi keracuanan yang sering terjadi di rumah
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
Gogol_HT Offline
๑۩۩»»ÉÖÇ««۩۩๑
*

Posts: 14,344
Joined: Oct 2010
Reputation: 4899
  

 
Post: #1
Cara mengatasi keracuanan yang sering terjadi di rumah
Rumah merupakan tempat yang paling membahagiakan bagi anak-anak kecil. Akan tetapi rumah pada saat yang sama rumah juga dapat menjadi tempat yang membahayakan. Anak-anak yang baru bisa merangkak dan mulai berjalan tertatih-tatih akan memperhatikan benda-benda yang menarik di sekililingnya dan berusaha menjangkaunya.

Orang tua perlu mewasdai resiko-resiko yang potensial membahayakan anaknya. Jauhi obat-obat berbahaya dari jangkauan anak-anak dan simpan dalam kotak obat yang dikunci. Produk-produk yang dipakai dalam rumah tangga, seperti minyak tanah, pembunuh serangga da pembersih lantai, juga cukup membahayakan.
Anak-anak kecil yang belum mengetahui dan memahami bahaya zat-zat tersebut dapat menyentuh dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan keracunan bagi si buah hati. Lalu apa langkah yang harus dilakukan oleh orang tuanya, ketika menghadapi kejadian yang seperti ini?
Berikut ini akan diuraikan penanganan pertama beberapa jenis keracunan yang sering terjadi di rumah, meliputi keracunan makanan dan bahan kimia.
Keracunan makanan

Keracunan singkong
Penyebab keracunan singkong karena ada di dalamnya asam sianida (HCN) yang dalam kadar tertentu dapat membahayakan. Hal tersebut dapat terjadi seandainya singkong yang direbus tidak dicuci terlebih dahulu.

Gejala-gejalanya :
Tanda awal dari keracunan singkong dapat terjadi beberapa jam setelah penderita makan singkong yang mengandung asam sianida. Diawali dengan mual, muntah, diare, sesak napas, pusing, lemah, kesadaran menurun, kulit kebiruan dan biasanya diikuti dengan kejang-kejang.
· Penganannya :
1. Letakkan penderita di tempat yang sirkulasi udaranya cukup baik. Posisikan badannya dalam kondisi terlentang dan kepala agak miring ke samping (untuk menjaga bila penderita muntah).
2. Jika penderita sadar, usahakan untuk mngeluarkan racun dari dalam lambung dengan memaksa penderita untuk muntah, yaitu dengan menekan pangkal lidah ke belakang.
3. Berikan susu sebagai penawar racun.
4. Setelah muntah, berikan tablet arang (Carbon tablet)


Keracunan jengkol
Keracunan jengkol umumnya terjadi pada anak-anak ataupun dewasa yang mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang banyak. Penyebab terjadinya keracunan adalah karena terben-tuknya sumbatan saluran kencing oleh kristal asam jengkol yang terkandung dalam biji jengkol.
Gejala-gejalanya :
Tanda awal keracunan jengkol muncul sekitar 2-36 jam setelah makan jengkol. Ditandai dengan nyeri perut yang sangat hebat, jumlah kencing berkurang dan kadang kencing berdarah. Nafas dan kencing berbau jengkol.


Penanganannya :
1. Jika gejalanya ringan ( muntah, sakit perut atau pinggang saja ) cukup dengan banyak minum dan diberi tablet natrium bikarbonbat.
2. Jika gejalanya berat (kencing sakit, kencing berdarah, kencing tidak bisa keluar) maka segeralah di bawa ke rumah sakit.

Keracunan bongkrek
Bongkrek adalah sejenis tempe yang dalam proses pembuatannya dicampur ampas kelapa dan kacang tanah. Pada proses pembuatannya ini sering tercemar oleh kuman clostridium botolinum yang dapat menyebabkan keracunan bila termakan.
Gejala-gejalanya :
Gejala keracunan muncul pada sekitar 12-48 jam setelah makan bongkrek yang berkontaminasi kuman, berupa : pusing, penglihatan kabur, lemah, sukar bernapas, sukar menelan dan berbicara.

Penanganannya :
Bila tidak segera diatasi dapat fatal, maka kenali gejala-gejalanya dan cepat diberikan petolongan. Pada umumnya keracunan bongkrek ini baru diketahui setelah kondisi memburuk sehingga penangannya sulit.

Keracunan bahan kimia
Dapat disebabkan oleh obat pembersih lantai, minyak tanah dan pembunuh serangga.
· Gejala-gejalanya :
Pada keracunan pembersih lantai(fenol, dan sejenisnya) gejala yang muncul berupa napas dan muntahan berbau asam karbol.
Dapat terjadi pengelupasan-pengelupasan pada bibir dan selaput lendir pipi, rasa mual, muntah, nyeri lambung sampai pendarahan lambung.

Pada keracunan minyak tanah gejalanya dapat ringan atau berat tergantung terhisap atau tidaknya ke dalam paru-paru. Bila masuk ke dalam saluran per-napasan dapat mengakibatkan pendarahan atau radang paru yang sangat berba-haya. Organ-organ lain seperti hati,limva dan sumsum tulang dapt pula mengalami kerusakan.

Penangannya :
1. Pada dasarnya penangannya sama seperti penangaan terhadap keracunan singkong, ditambah dengan membersihkan kulit dan bagian tubuh lainnya yang kontak langsung dengan racun penyebab.
2. Jika penderita terkena keracunan dari zat-zat bahan petrolium(minyak tanah, bensin, tiner ) dan bahan fenol( pembersih lantai), maka lebih baiknya segera dibawa ke rumah sakit, agar penangannya lebih cepat dan tepat.
Demikian postingan yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan kita


09-25-2015 01:19 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Miftah Offline
Sobat Baru

Posts: 9
Joined: Jul 2017
Reputation: 1
  

 
Post: #2
RE: Cara mengatasi keracuanan yang sering terjadi di rumah
oleh karena sebaiknya kita harus selalu waspada dan harus di dukung dengan properti yang bagus seperti UPVC jakarta yang sejauh ini menyediakan banyak peralatan yang bisa di gunakan untuk keamanan dan kenyamanan rumah kita


07-03-2018 02:05 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur gina27 2 1,325 04-20-2018 05:54 AM
Last Post: cecep
Big Grin Yang Terjadi di Dalam Tubuh Anda Saat Tertawa Azizah 42 24,210 01-25-2018 08:08 AM
Last Post: nadia_a
  Cara Ampuh Mengatasi Hidung Berminyak gina27 2 1,061 10-10-2016 01:28 PM
Last Post: anton09
  Penyebab dan Cara Mengatasi Kista Ateroma ariherbal 2 1,432 09-17-2016 09:52 AM
Last Post: syahrin