EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Asal Usul Nama Makanan Lontong
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
dingdong78 Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 776
Joined: Jan 2011
Reputation: 162
  

 
Post: #1
Asal Usul Nama Makanan Lontong

Asal Mula Nama Makanan Lontong
OPINI | 19 February 2011 | 21:25 169 18 Nihil

Seperti biasa setiap sore saya selalu menyapu halaman. Nah tadi sore itu saya lihat didepan rumah Haji Udin banyak sampah sobekan daun pisang. Karena tak sedap dipandang mata, akhirnya saya lanjut menyapu terus sampai halaman depan rumah Haji Udin. Kebetulah antara halaman rumah saya dan rumah Haji Udin tak ada pagar pembatasnya.

Selesai menyapu tiba-tiba Haji Udin memanggil saya. Saya fikir ada apa, ternyata saya ditawari lontong buatan isterinya. Tentu saja saya tolak. Malu kan kalau ditawari makanan terus langsung mau, nanti dibilang rakus amat nih anak. Jadi dengan halus saya tolak tawaran Haji Udin tersebut. Tiba-tiba dari dalam rumah, Nyai isteri Haji Udin sudah membawa piring kecil. “Nah makan dulu, lu kan capek abis nyapu selebaran gitu. Buruan mumpung bakwannya masih anget.” kata isteri Haji Udin sambil menyodorkan piring kecil pada saya. Dengan malu-malu tapi mau sayapun menerima piring kecil itu, buat makan lontong bakwan plus sambal kacang. Di meja ruang tamunya saya lihat lontong yang ditumpuk diatas tampah dan satu baskom bakwan.

“Banyak banget bikin lontongnya Nyai, emang mau buat apaan”

“Lha entar malem kan acara maulid. Emang lu kaga tau.”

“Ngga”

Lagi asiknya makan lontong tiba-tiba Haji Udin bertanya,

“Yan lu tau kaga kenapa makanan ini dinamain lontong.”

“Ngga Pak Haji, emang kenapa?”

Dengan logat betawinya Haji Udin mulai cerita.

Dulu ini makanan kaga ada namanya. Nah suatu hari ada ibu-ibu lagi masak ini makanan. Terus pas anaknya yang kecil pulang, anaknya nanya sama ibunya. Nyak udah mateng belon. Terus ibunya jawab Lon tong. Maksudnya belum tong. Tau kan kalo orang betawi, anak laki-laki kecil biasa dipanggil entong. Akhirnya si anak ini pergi maen lagi.

Ga lama kemudian si anak ini pulang terus nanya lagi sama ibunya. Nyak udah mateng belon? Lagi-lagi ibunya jawab lon-tong.

Karena udah laper si anak terus tanya ke ibunya lagi. Emang enyak masak apaan sih nyak, kok lama banget. Karena geregetan bolak balik ditanya anaknya, spontan ibunya menjawab, Lon tong. Si anak langsung kaget dan penasaran. Hah enyak masak lontong. Apaan tuh nyak? Si anak langsung lari ke dapur ngeliat masakan ibunya. O.. ini namanya lon tong ya nyak. Karena kesel ngeliat anaknya yang ngga sabaran pengen makan, si ibu langsung bilang, iya iya ini namanya lontong.

Nah mulai hari itu ini makanan ini namanya lontong.

Haji Udin mengakhiri ceritanya. Saya ngga tau ceritanya beneran apa bisa-bisa nya Haji Udin aja, yang saya tau ini lontong enak banget apalagi sambel kacangnya. Maknyus..

Sebelum pulang Haji Udin bilang ke isterinya. Bawain tuh lontong sama bakwannya buat Pak Surandi. Buat ngeteh entar. Pulang kerumah saya nenteng sapu lidi dan kantong berisi empat lontong dan empat bakwan. Makasih Nyai, makasih Pak Haji.

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/...n-lontong/


02-25-2011 04:17 PM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

erwan_hide Offline
Moderators ♂
*

Posts: 5,685
Joined: Feb 2011
Reputation: 798
  

 
Post: #2
RE: Asal Usul Nama Makanan Lontong
hore hore Lon Tong, lontong,,, wakakakakakak,,,


02-25-2011 04:25 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

papa_paul Offline
๑۩۩»»ÉÖcer's««۩۩๑
EOcer's

Posts: 55
Joined: Feb 2011
Reputation: 5
  

 
Post: #3
RE: Asal Usul Nama Makanan Lontong
wekwekwek nice bro . . . .


02-26-2011 09:05 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

dedesander Offline
Military & Beauty
*

Posts: 8,320
Joined: Feb 2011
Reputation: 2017
  

 
Post: #4
RE: Asal Usul Nama Makanan Lontong
pusing Aya aya wae.. ngakak


02-26-2011 09:15 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Wink 100 Nama-nama yang Sering Dipakai Orang Indonesia info_terbaik 10 7,414 01-12-2014 10:18 AM
Last Post: Xologist
  Nama-Nama Kota Lucu di Indonesia Aura.rahma 9 5,541 12-12-2013 02:06 PM
Last Post: Bila
  SERIUS NAMA-NAMA LUCU delvis66 49 65,245 10-16-2013 10:10 AM
Last Post: ginarianti
  Asal mula nama Sarimin dalam kisah Topeng Monyett !! Gogol_HT 12 16,970 08-22-2013 03:04 PM
Last Post: dilazahwa