EO Community : Komunitas Event Organizer Indonesia | Meet, Share & Discuss |



Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 1 Votes - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
 
Definisi Organisme
 
Share to: Facebook Twitter StumbleUpon Send
 to Google Buzz Send to LinkedIn
Author Message
eocfans Offline
Sesepuh EOC
*

Posts: 14,863
Joined: Feb 2011
Reputation: 6050
  

 
Post: #1
Definisi Organisme

Dalam biologi dan ekologi, organisme (bahasa Yunani: organon yang berarti alat) adalah kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.
Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.

Ciri-ciri umum

Ciri-ciri yang umum didapati pada banyak organisme adalah sebagai berikut:
-Memerlukan nutrisi
-Bernafas
-Bergerak
-Tumbuh
-Berkembang biak
-Peka terhadap rangsang

Namun demikian, ciri-ciri tersebut tidaklah universal.
Organisme disebut juga makhluk hidup.


[b]Virus


Virus tidak digolongkan sebagai organisme secara umum sebab virus tidak dapat berkembang biak maupun melakukan metabolisme secara independen. Meskipun memiliki enzim dan molekul-molekul yang menjadi ciri organisme hidup, virus tidak mampu bertahan hidup di luar sel inangnya, dan sebagian besar proses metabolisme virus membutuhkan inang beserta perlengkapan genetikanya.

Organisme

Dalam biologi, organisme adalah kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Istilah “organisme kompleks” mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.

Ciri-ciri yang umum didapati pada banyak organisme adalah sebagai berikut:

© Memerlukan makanan

© Bernafas

© Bergerak

© Tumbuh

© Berkembang biak

© Peka terhadap rangsang

Namun demikian, ciri-ciri tersebut tidaklah universal. Mikroorganisme seperti misalnya bakteri tidaklah bernafas, namun menggunakan jalur kimiawi lain. Banyak organisme tidaklah mampu bergerak secara independen dan banyak organisme tidak dapat berkembang biak, walaupun spesiesnya mampu.

M o l e k u l

makromolekul
Senyawa yang membentuk organisme dapat dibagi menjadi makromolekul dan lainnya, molekul yang lebih kecil. Keempat kelompok makromolekul adalah asam nukleat, protein, karbohidrat dan lipid. Asam nukleat (khususnya asam deoksiribonukleat, atau DNA) menyimpan data genetik sebagai urutan nukleotida. Urutan khusus dari empat jenis nukleotida (adenin, sitosin, guanin, dan timin) menentukan banyak karakteristik yang merupakan organisme. Urutan dibagi menjadi kodon, yang masing-masing urutan tertentu dari tiga nukleotida dan sesuai dengan asam amino tertentu. Jadi urutan kode DNA untuk protein tertentu yang, karena sifat kimia dari asam amino terbuat dari, lipatan dengan cara tertentu sehingga melakukan fungsi tertentu.
Fungsi-fungsi protein telah diakui:
Enzim, yang mengkatalisis semua reaksi metabolisme
Protein struktural, seperti tubulin, atau kolagen
Peraturan protein, seperti faktor transkripsi atau siklin yang mengatur siklus sel
Signaling molekul atau reseptor mereka seperti beberapa hormon dan reseptor mereka
Defensive protein, yang dapat mencakup semuanya dari antibodi dari sistem kekebalan tubuh, untuk racun (misalnya, dendrotoxins ular), untuk protein yang meliputi asam amino yang tidak biasa seperti canavanine
Lipid membentuk membran sel yang merupakan penghalang, yang berisi segala sesuatu dalam sel dan mencegah senyawa dari bebas melewati ke dalam, dan keluar dari, sel. Dalam beberapa organisme multiseluler yang mereka layani untuk menyimpan energi dan memediasi komunikasi antara sel-sel. Karbohidrat juga menyimpan dan transportasi energi dalam beberapa organisme, tetapi lebih mudah dipecah dari lipid.

Dalam kimia, molekul adalah bagian tak terpisahkan yang paling kecil senyawa murni yang memiliki ciri unik kimia dan fisik. Molekul terdiri atas dua atau lebih ikatan atom bersama. Kita mungkin menginginkan untuk melihat molekul secara analogi; sebagai kata: kata “bis” dapat menjadi contoh molekul; jika “a” ditambahkan, kita mendapatkan kata “bisa” — dengan cara mirip, H20 adalah molekul air; sedangkan (CH20)3 adalah molekul gula.

Mikroorganisme

Mikroorganisme atau mikroba adalah sebuah organisme yang begitu kecil sehingga tidak dapat terlihat mata telanjang. Mikroorganisme sering digambanrkan menggunakan sel tunggal, atau mikroorganisme unisel, namun beberapa protist unicell terlihat oleh mata telanjang, dan beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang. Ilmu mikroorganisme disebut mikrobiologi

Kimia
Organisme adalah sistem kimia yang kompleks, terorganisir dalam cara-cara yang mempromosikan reproduksi dan beberapa ukuran keberlanjutan atau kelangsungan hidup. Fenomena molekul kimia yang mendasar dalam memahami organisme, tetapi merupakan kesalahan filosofis (reduksionisme) untuk mengurangi biologi organisme untuk kimia belaka. [Kutipan diperlukan] Ini adalah fenomena umum seluruh organisme yang menentukan kebugaran mereka untuk lingkungan dan oleh karena itu survivability berbasis DNA gen mereka.
Organisme jelas berutang asal mereka, metabolisme, dan banyak fungsi internal lainnya untuk fenomena kimia, khususnya kimia molekul organik besar. Organisme adalah sistem yang kompleks dari senyawa kimia yang, melalui interaksi dan lingkungan, memainkan berbagai peran.
Organisme adalah semi-tertutup sistem kimia. Meskipun mereka hidup unit individu (seperti definisi membutuhkan) mereka tidak tertutup untuk lingkungan sekitar mereka. Untuk mengoperasikan mereka terus-menerus menerima dan melepaskan energi. Autotrof menghasilkan energi yang dapat digunakan (dalam bentuk senyawa organik) dengan menggunakan cahaya dari matahari atau senyawa anorganik sementara heterotrof mengambil dalam senyawa organik dari lingkungan.
Unsur kimia utama dalam senyawa ini adalah karbon. Sifat fisik dari elemen seperti afinitas besar untuk ikatan dengan atom kecil lainnya, termasuk atom karbon lainnya, dan ukurannya yang kecil sehingga mampu membentuk ikatan ganda, membuatnya ideal sebagai dasar kehidupan organik. Hal ini dapat membentuk tiga-atom kecil senyawa (seperti karbon dioksida), serta rantai besar ribuan atom yang dapat menyimpan data (asam nukleat), tahan sel bersama-sama, dan mengirimkan informasi (protein).


08-03-2011 07:06 AM
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply

SabinaItabe Offline
Sobat Baru

Posts: 1
Joined: Jan 2017
Reputation: 0

 
Post: #2
free medical spa business plan
european union cover letter template

http://blueshare.us/index.php?link=9347


01-09-2017 02:06 AM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

MarianK Offline
Sobat Baru

Posts: 4
Joined: Aug 2017
Reputation: 0

 
Post: #3
Mam wrażenie jakbym znał osobiście autora, bo w całości się zgadzam z tym wpisem.
W tej kwestii się zgadzam, chociaż nie do końca, ale przecież nie wszystkim się muszą ludzie ze sobą zgadzać, bo ilu ludzi tyle zdań na temat. Mimo wszystko dobrze napisane. Pozdr.


08-10-2017 10:48 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

MarianK Offline
Sobat Baru

Posts: 4
Joined: Aug 2017
Reputation: 0

 
Post: #4
Post godny uwagi. Pozdrawiam i życzę powodzenia w dalszym pisaniu.
W tym temacie to akurat się zgodzę, no może nie we wszystkich aspektach, ale jednak.
Przedstawione w bardzo przystępny sposób. Pozdrawiam serdecznie.
Dobrze napisane, szukałem czegoś podobnego, a trafiłem tutaj, ale i tak jestem zadowolony bo wreszcie ktoś pisze zwięźle i na temat. Będę śledził stronkę


08-10-2017 10:52 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

MarianK Offline
Sobat Baru

Posts: 4
Joined: Aug 2017
Reputation: 0

 
Post: #5
W wielu kwestiach mam inne zdanie pewnie, ale tutaj jak najbardziej wszystko mi pasuje.
Świetny wpis! Dziękuje serdecznie i pozdrawiam.
Wreszcie ktoś z kim się mogę zgodzić prawie w stu procentach.


08-10-2017 10:54 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

MarianK Offline
Sobat Baru

Posts: 4
Joined: Aug 2017
Reputation: 0

 
Post: #6
Lepiej bym tego nie ujął. Rewelacyjny wpis!
Bardzo dobrze powiedziane, w wielu kwestiach się zgadzam.


08-10-2017 10:55 PM
Find all posts by this user Quote this message in a reply

Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Definisi Mutilasi eocfans 2 2,420 08-04-2011 11:57 PM
Last Post: adihartono
  Definisi AIDS eocfans 0 2,388 08-03-2011 08:31 AM
Last Post: eocfans
  Definisi VIRUS eocfans 0 12,352 08-03-2011 08:04 AM
Last Post: eocfans
  Definisi Mikrobiologi eocfans 0 8,788 08-03-2011 07:10 AM
Last Post: eocfans